Cara Membuat Blog di Blogspot

Blogger.com adalah penyedia layanan blog dari Google. Blogger.com sepenuhnya gratis, nantinya kamu akan mendapat blog dengan alamat berakhiran .blogspot.com. Saya juga dahulu kala pertama membuat blog di blogger.com, tepatnya sekitar tahun 2008.
Mari kita mulai saja, berikut adalah step-by-step cara membuat blog di blogger.

Step by Step Membuat Blog Baru di Blogger

Pertama, masuk ke alamat http://www.blogger.com dengan email gmail kamu, jika belum membuat email gmail, berikut cara daftar gmail.
Cara membuat blog
Masuk dengan memakai id gmail kamu.
Klik gambar untuk memperbesar.
Kedua, kamu akan dibawa ke halaman blogger. Di sini kamu harus membaca persetujuan dari blogger, kamu bisa skip membacanya. Selanjutnya klik tombol “Lanjutkan ke Blogger”.
cara bikin blog
Klik tombol “lanjutkan ke blogger”.
Ketiga, pada beranda blogger ini, kamu akan dikenalkan dengan beranda blogger. Untuk memulai membuat blog, klik tombol “Blog Baru” yang ada pada bagian kiri atas layar.
buat blog baru blogger
Klik tombol blog baru
Keempat, kamu memilih judulalamat blog, dan tampilan blog. Untuk alamat blog, pastikan bahwa menuliskan alamat yang tersedia, kamu bisa mencoba dengan mengkombinasikan huruf dan angka.
tutorial membuat blog
Isi judul blog, alamat blog, dan pilih tampilan yang kamu suka.
Klik gambar untuk memperbesar.
Kelima, sampai di sini kamu sudah berhasil membuat blog baru kamu. Coba pergi ke alamat blog kamu di tab baru, ada kan? Tetapi sayangnya belum terdapat konten sama sekali. Untuk mulai menulis konten, klik icon pensil.
Cara menulis blog
Klik icon pensil untuk mulai menulis.
Keenam, selanjutnya kamu akan dibawa ke halaman untuk menulis konten. Sekarang tugas kamu adalah meng-explore semua tool yang ada di bagian ini. Untuk menerbitkan tulisan, klik tombol “Publikasikan”pada bagian kanan atas layar.
cara membuat blog menarik.
Mulai menulis konten blog di blogger.
Klik gambar untuk memperbesar.
Selamat, kamu sudah berhasil membuat blog baru! Untuk membuat blog lebih menarik lagi. Kamu bisa pergi ke beranda blogger, lalu edit tampilannya.
berhasil membuat blog baru.
Tampilan blog baru.
Klik gambar untuk memperbesar.
Untuk memperjelas langkah-langkah di atas, saya menuliskan lagi di bawah, tanpa ada ilustrasinya.
  1. Login memakai data gmail kamu, jika memakai komputer public (warnet) pastikan jangan chek “Stay signed in”.
  2. Klik tombol “Lanjutkan ke Blogger”.
  3. Klik tombil “Buat Baru” yang ada pada bagian kiri atas layar.
  4. Tulis judul blog dan alamat blog yang kamu inginkan. Untuk alamat blog, kamu harus menulis yang belum tersedia. Selanjutnya pilih tampilan blog yang kamu suka. Terakhir klik “Buat blog!”.
  5. Selanjutnya kamu akan dibawa ke halaman baru. Sampai di sini kamu sudah berhasil membuat blog di blogger, cek alamat blog kamu. Untuk mulai menulis klik icon pensil.
  6. Mulai menulis blog dengan topik yang kamu suka. Untuk menerbitkan tulisan, selanjutnya kamu klik tombol “Publikasikan”, yang ada pada bagian kiri atas.
  7. Pergi ke alamat blog kamu untuk melihat tulisan kamu, atau klik tombol “lihat”.
  8. Selamat! kamu sudah berhasil membuat blog keren di blogger!
Tag : tutorial
0 Komentar untuk "Cara Membuat Blog di Blogspot"

Back To Top